Kadis PMD Kukar Hadiri Penyerahan Bantuan Dan Penghargaan Di Desa Mulawarman

DPMD KUKAR, TENGGARONG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara, Arianto,S.Sos.,M.Si tutur hadir dalam kegiatan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah saat melakukan kunjungan lapangan ke Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang, Senin (16/9/2024) sore.
Dalam Kunjungan ke Desa Mulawarman tersebut, Edi Damansyah menyerahkan bantuan dana penanganan Stunting, bantuan kepada anak yatim piatu, penyerahan piagam penghargaan dan plakat kepada Mahmuda Kader Posyandu Desa Mulawarman juara 3 lomba Kader Posyandu tingkat Nasional di Jakarta.
Dalam kesempatan itu juga, Edi menyaksikan penandatanganan kerja sama pengembangan dan penanaman kelapa Hibrida dengan Pemerintah Desa Mulawarman. Penanda tanganan itu dilakukan Ketua Koperasi Unggul Jaya, Jafar Sodik (pihak pertama) dan Kepala Desa Mulawarman Mulyono (pihak kedua).
Edi mengatakan, bantuan yang diberikan ini sebagai bentuk sinergitas forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, yang diberikan kepada masyarakat desa Mulawarman.
Ia menambahkan, pada hari ini kita semua sudah menyaksikan bersama, ada bantuan santunan anak-anak yatim piatu untuk biaya pendidikan, dan bantuan kepada warga lansia. Dan ia pun berharap, agar Desa Mulawarman ini menjadi desa percontohan di Kukar, karena ada desa di tengah-tengah Izin Usaha Pertambangan (IUP) Batubara, bisa kembali hijau, dan ada desa diantara IUP menjadi lumbung pangan di Kukar yaitu Desa Mulawarman.
“Ini sudah mulai dikerjakan baik oleh Pemkab Kukar maupun kepala desa dan jajarannya dan seluruh masyarakat setempat” katanya.
Dan satu-satunya desa yang bisa jalan program Perhutanan Sosial kerja sama antara izin HTI dengan kelompok tani hanya di Desa Mulawarman. “Namun yang harus kita tuntut sekarang bagaimana program pemberdayaan perusahaan itu bisa diwujudkan secara nyata, dan Alhamdulillah di Desa Mulawarman ini sudah berjalan dengan baik,” tutupnya. (@y.Admin)